Minggu, 09 Mei 2010

Tips Sederhana Merawat Notebook/Latop Anda

Latop, Notebook atau Netbook merupakan benda yang sudah tidak asing lagi dikehidupan masyarakat kita, terutama masyarakat perkotaan seperti kota Jakarta. Dengan itu saya akan memberikan beberapa Tips n Tricks untuk merawat Latop kesayangan anda agar lebih awet.

1.Merawat baterai Notebook/Latop.
Baiknya baterai di-charge jika mendekati 10%-20% dan bila sudah penuh cabut saja kabel adaptor yang terhubung ke notebook. Bila notebook tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama maka sebaiknya baterainya dilepas dulu.

2.Gunakan Protector(Pelindung) untuk Layar LCD & Keyboard Notebook/latop.
Penggunaan protector untuk layar LCD dan Keyboard latop bertujuan untuk menghindari ketumpahan air atau benda berupa cairan yang tidak sengaja yang berakibat sistem Keyboard akan rusak, sedangkan protector LCD dimaksudkan agar Monitor tidak mudah tergores. Karena sekali tergores maka LCD tersebut tidak dapat diperbaiki lagi.

3.Jangan Menaruh Beban Berlebihan diatas Notebook/Latop.
Terkadang kita tanpa sadar suka menaruh barang-barang yang kita anggap ringan tetapi ternyata tidak ringan untuk latop, dan jika lama kelamaan hal inilah yg dapat menyebabkan layar LCD muncul garis2, titik2 warna yg mencolok, bercak seperti jamuran karena adanya dead pixel pada LCD.

4.Jangan Meletakan Notebook/Latop dekat dengan Sumber Magnet.
Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.

5.
Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup.
Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.
Gunakan stavolt atau stabilizer.

6.
Satu Lagi yang Tak Kalah Penting, Baca Habis Manual Notebook/Latop Anda.
Bacalah sampai selesai manual book yang diberikan produsen notebook anda, sering2 lihat review dan support dari website tentang notebook anda.


7.Hati-Hati Membuka dan Menutup Notebook/Latop.
Sepertinya sepele tapi ini merupakan hal yang suka dilupakan orang, bahwa membuka atau menutup Latop anda ada aturannya dan kapasitasnya. Dan setiap Latop berbeda-beda.

Demikian beberapa Tip n Trick yang bisa saya berikan agar Notebook/Latop anda awet, dan beberapa Tips n Trick ini juga saya kutip dari beberapa sumber(http://danus18.multiply.com/journal/item/1 dan http://nugrohotech.wordpress.com/2008/02/13/tips-merawat-laptop-agar-awet/) semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. trus klo udah terlanjur muncul bercak2 gt gimana ya????
    gimana cara ngobatinnya?

    BalasHapus