Sabtu, 13 Maret 2010

Mahasiswa ATW Solo Ciptakan Mobil Tenaga Surya Rp 10 Juta!!!!



Solo. Sebagai salah satu terobosan penghematan BBM, karya cipta enam mahasiswa Akademi Teknik Warga(ATW) Surakarta ini layak dibicarakan. Mereka membuat mobil mini yang digerakan dengan sel tenaga panas matahari. Harga seluruh komponen hanya berkisar Rp 10 Juta.
Mobil mini yang awalnya sebuah sepeda motor ini memiliki ukuran panjang 180cm, lebar 120cm dan tinggi 150cm lebih menyerupai mobil golf. Namun bila dicermati lebih dalam ada beberapa perbedaan yang mencolok seperti, atapnya terdiri dari dua lempeng solar sel yang digunakan untuk menyerap panas matahari sebagai pengisi energi dari empat buah accu kering, yang mana masing-masing keping solar selnya berdaya 24 watt sedangkan accu keringnya sendiri memiliki tegangan listrik 12 volt. Dan apabila energi accu penuh dengan satu penumpang, mobil ini dapat berjalan sejauh 15 kilometer.
Semoga dengan adanya berita ini diharapkan mahasiswa yang lainnya dapat mengikuti hal-hal yang positif seperti ini, yakni menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan Bangsa. Dari pada demo yang akhirnya malah mengakibatkan tindakan anarkis dan terjadinya kerusuhan, ^^V.

sumber : http://oto.detik..com/read/2010/03/0...rya-rp-10-juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar